#footer-content, #header-content, .navmenu, .menu-sticky, #subscribe-box, #wrapper, #template-maxwidth { max-width: 1200px; }
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara render vray sketchup 8


Untuk V-Ray SketchUp Pilihan semua parameter rendering. Anda dapat membuka Render Options di menu Plugins di atas atau klik langsung pada Options VRay.


Save and Load Option settings

Ada banyak pengaturan Pilihan di V-Ray untuk SketchUp. Anda dapat menyimpan pengaturan vray sketchup, atau menyimpan file yang berbeda dengan setingan yang berbeda. 
Dari File ---> Save untuk menyimpan pengaturan Options. Gunakan .visopt sebagai format file. Ketika file SketchUp disimpan, semua perubahan di V-Ray Pilihan pengaturan juga akan disimpan. Gunakan File---> Load untuk memuat file yang tersimpan.
Pilihan file  .visopt . Ini akan menggantikan pengaturan saat ini. Gunakan Restore Default untuk mengembalikan pengaturan V-Ray asli.

Buka file Kursi-Original.skp. Ada 3 kursi dan lantai yang sangat besar dalam file ini adalah sebagai bahan percobaan rendering vray sketchup. Semua benda ini tidak memiliki material dan tidak ada cahaya satupun di di sekelilingnya. Silahkan klik  blue render icon dari atas langsung



 Dan Anda akan mendapatkan gambar warna abu-abu ini tanpa mengubah pengaturan di Options V-Ray.

Buka V-Ray lalu Pilihan tab Global Switches,  Environment and Indirect Illumination seperti yang digambarkan di bawah ini.


1. Global Switches

Silahkan hapus centang Hidden Lights dan default light pada bagian Lighting. Hidden lights berarti menyembunyikan cahaya lampu dari area. Hal ini digunakan ketika anda tidak ingin melihat cahaya sementara di area view port. Ketika ceklist dihilangkan pada hidden lights, lampu-lampu yang tersembunyi tidak akan mempengaruhi V-Ray render. supaya tidak ada sinar yang mempengaruhihasil render, kami sarankan Anda hapus centang pada hidden lights pertama.

2. Indirect Illumination

Default Light berarti V-Ray built-in lampu.Gambar tidak akan dapat terlihat. Jika salah satu cek list pada Lights default di hilangkan ,kecuali anda men cek list GI, gambar baru akan terlihat. Kami juga menyarankan Anda memeriksa  Low thread priority dibagian bawah Render sehingga tidak akan mempengaruhi program lain saat render dengan V-Ray. 

3. Environment

Silakan pilih "On" di bawah  Indirect Illumination. Environment adalah untuk mengontrol contract, color, and HDR dari Global Illumination. Silakan pilih kotak GI dan Background. Silahkan sesuaikan tiga item tsb, lalu pilih Render pada ikon di render. Anda akan mendapatkan gambar dengan Global Illumination. Bandingkan dengan gambar tanpa Global Illumination, Anda dapat melihat benda-benda tidak memiliki bayangan gelap karena benda mendapatkan cahaya dari seluruh.


Gambar tersebut berwarna demikian karena environment default V-Ray dipengaruhi cahaya biru dari R204, G224, B225. Silakan periksa kotak di bawah GI untuk masuk pilihan warna. Mengubah Sat dari 62 ke 5. Warna berubah menjadi biru terang R250, G252, B255, yang sangat dekat dengan putih.

Klik OK untuk keluar kemudian klik blue render pada icon untuk mewarnai gambar. Warna gambar menjadi sangat dekat dengan putih seperti gambar di bawah.



Karena kursi dan lantai tidak material, V-Ray memberikan benda bawaan berwarna putih dari SketchUp sebagai materialnyan.

Selamat mencoba... !