#footer-content, #header-content, .navmenu, .menu-sticky, #subscribe-box, #wrapper, #template-maxwidth { max-width: 1200px; }
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menampilkan background di viewport 3ds max

Pada tutorial ini saya akan memberikan tutorial yang tidak jauh beda bagaimana membuat background di 3ds max atau mengabungkan background dengan object di 3dsmax, tetapi ini lebih tepatnya Cara menampilkan background di viewport 3ds max. ini adalah cara untuk nempatkan background supaya pas waktu dirender.
tutorial ini dapat di praktekan ketika program 3ds max yang digunakan mengunakan settingan rendering vray. bagi yang belum menginstal vray dimohon untuk menginstal vray terlebih dahulu, bagi yang belum punya klik disini. Tetapi yang sudah terinstal tp belum bisa merubah settingan vray bisa baca artikel ini terlebih dahulu. Oke langsung saja bagaimana cara menampilkan material di view background 3ds max ini selengkapnya tutorialnya:

Cara menampilkan material ke view background 3ds max

pada tampilan awal 3ds max tekan angka 8 pada keyboard  dan akan muncul  Environmen and affacts
dan kemudian klik None yang ditunjukan oleh gambar:

Menampilkan material di background viewport 3ds max

Kemudian akan muncul browse material/Map pilih VrayHDRI :


Menampilkan background di  viewport 3ds max

setelah itu akan muncul slate material editor seperti gambar dibawah , seandanya slate maaterial editor tampilanya berbeda anda bisa mengubahnya supaya seperti gambar dibawah, Caranya lihat artikel ini. Setelah itu drag dari VrayHDRI ke slate material seperti yang ditunjukan pada gambar kemudian pilih OK:

Menampilkan background di  viewport 3ds max

Setelah itu akan terliha material yang belum diisi, kita akan isi dengan material HDRI. klik yang ditunjukan panah nomer 5 dan akan keluar parameter disampingnya klik Browse :

Menampilkan background di  viewport 3ds max

kemudian akan muncul tab untuk memilih material HDRI, bagi yang belum punya bisa download disini terlebih dahulu. kalau sudah pilih material HDRI lalu klik open.

Menampilkan background di  viewport 3ds max

Setelah itu rubahlah Mapping Type dari Angular menjadi Spherical .

Menampilkan background di  viewport 3ds max

untuk mencerahkan gambar rubahlah gamma menjadi 2.2 dan Overall mult menjadi 1.6.

Menampilkan background di  viewport 3ds max

kemudian tutup semua tab atau jendela browser material, hehinga hanya nampak tampilah view 3ds max, kemudian klik Shaded -> Viewport Background -> Show Background.

Menampilkan background di  viewport 3ds max

Setelah itu ulangi untuk melakukan klik Shaded -> Viewport Background -> lalu Viewport Background [ ALT + B ].

Menampilkan background di  viewport 3ds max

dan akan muncul background di tampilan 3ds max nya yang akan kerender jika kita tekan tombol render atau tekan F9.

Untuk Lebih jelasnya lihat video berikut :

Selamat mencoba..!